AD (728x60)

Blog Archive

Flickr Photostream


All About Love And God Spot


Dynamic Drive

Mei 06, 2009

Wahdatul Wujud

Share & Comment

"Engkaulah nafasku, dalam hembusan dan hirupan"


وحدة الوجود



لك الحمد يا الله على هذه النعمة * لك الثناء يا ربى على هذه المنة


أعنا بجودك إلهى شكر هذه المنة


فإن كل النوال هو رب كل حال * كيف الشكر للإفضال نحظى من غير السؤال


فيحمدنى وأحمده ويعبدنى وأعبده


ففى حال أقرّ به * وفى الأعيان اجحده


فيا ربّ متعنا بالوصول ربنا * ودومة عوننا وحدة وجودنا


فيعرفنى وأنكره * وأعرفه فأشهده


فأنّى بالغنى وأنا * أسا عده فأعلمه وأوجده


بذا جاء الحديث لنا * وحقّق فيّ مقصده


أعنا على الأعمال يا الله بجودك * تكرّم إلينا بالقبول ويمنة


صلاة وتسليم على نور خلق الله * وآل وأصحاب وقطب هذا الزمان





Segala Sesuatu Bertasbih Kepada-Nya


KeSATUan WUJUD*


Senin, 19/09/05 M. (15 Sya'ban 1426 H.)



Segala puji hanya untukMu Ya Allah,


atas kenikmatan ini


Segala puji hanya untukMu Ya Tuhanku,


atas anugrah ini


Tolonglah kami, dengan kemurahanMu, Ya Ilahi


untuk menysukurinya, kasih-sayang ini


Sesungguhnya segala pemberian


Dia jualah yang memelihara segala keadaan


Bagaimana bersyukur terhadap keutamaan-karunia


Kita diberi-untung tanpa meminta


maka dia memujiku sedang aku memujinya


dia menyembahku sedang aku menyembahnya


pada satu keadaan aku mengakuinya


dan pada kenyataan mayapada aku mengingkarinya


Maka senangkanlah kami, Ya Tuhan


Dengan 'temu-menyatu' kepada Tuhan yang merawat kami


Dan terus-menerus menolong kami


Kepada kesatuan wujud kami


dia kenalkan diri padaku sedang aku pangling padanya


aku mengenalnya (lalu) aku mempersaksikannya


maka bagaimana kami butuh


sedang aku membantu dan membahagiakannya


untuk itulah- Al-Haqq mewujudkanku


maka aku (mengisi) ilmuny adan merasakannya


dengan inilah "hadits" datang-(mengabarkan) padaku


dan direalisasikan maksudnya dalam diriku


Bantulah kami Ya Allah, dengan kemurahanMu, untuk beramal


Bermurahlah kepada kami dengan diterima dan (mendapat) kurnia


Shalawat-salam (semoga) terlimpah atas cahaya Allah


Para shahabat dan wali quthb zaman ini


----------------------------------------------


Kalimat : 1. Ibn 'Araby (Sang Pencinta)


2. KH. Ahmad Syuhud Z.


3. Shodiqiel Hafily


Lagu : ESHA F7 (tanpa "H")


Vokal : N2R




Apakah faham Wihdat al-Wujud yang - oleh sebagain kalangan - di'vonis' sesat itu? Padahal para wali, nabi dan rasul, bahkan Nabi Muhammad SAW. (walau secara tidak terang-terangan) adalah teladan wihdat al-wujud. Tembang di atas mencoba menerangkan dengan segala keterbatasan kalimatnya.

Sebagai pembuka, tabarruk berkah-tsawab, sengaja saya tampilkan lagu yang saya buat sebagai 'frame' syair Ibnu Araby yang terkenal dan kontroversial itu dengan karyanya yang tak kalah fenomenal dan kontroversialnya, Fushushul Hikam, dengan penutup lagu sebait syair dari Syaikhuna KH. Ahmad Syuhud Zayyadi. Tabarruk itu penting, saya pernah terselamatkan dari situasi genting oleh terjemahan bebas syair Ibnu Arabi ini;


Bagiku..


Ana cahaya hidup abadiku


Ana cinta sejatiku!


Ana tak pernah pergi


Ana selalu bersemayam di hati


Ana adalah ruh-jiwAku


Tanpa Ana tak ada kehidupanku


Ana layak kubela dan kucinta


Dengan bertaruh nyawa..


Ana Al-Haqq


Engkau adalah aku


Aku adalah engkau


Ibnu Araby sendiri justru dieksekusi karena kalimat-kalimat "majaz" dalam ungkapan-ungkapan syair-syairnya. Allah yarhamuh..



Diimport dari: Paman
Print this post

Sincerely,
Padhang Bulan

Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar :

Posting Komentar

“Komentar yang bagus dan benar lebih baik dari sedekah yang menyinggung perasaan.”

 
@2015 | Designed by Templatezy | Redesigned by FlyCreator